Keuntungan-Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Ketika Menjadi Mahasiswa Bidikmisi

image source : nasional.inilah.com

Saya ingin berbagi tentang keuntungan-keuntungan menjadi mahasiswa bidikmisi. Saya ingin menceritakan pengalaman saya sebagai mahasiswa bidikmisi selama empat tahun. Ada banyak hal yang tentunya sangat menyenangkan dan menguntungkan sebagai mahasiswa bidikmisi, tentu juga yang sebaliknya. Menjadi mahasiswa bidikmisi juga perlu banyak perjuangan, tidak semua orang bisa memperolehnya. Kalau kamu sedang mendaftar, berikut saya juga pernah menceritakannya disini "Hal-Hal Yang Bisa Membuat Peluang Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi Semakin Besar." .Oke kembali ke topik, berikut ini saya mau ceritakan keuntungannya.

1. Digratiskan uang pendaftaran seleksi

Pada poin pertama ini tentang sebelum jadi bidikmisi, baru pendaftar. Kita diuntungkan dengan tidak membayar uang pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kita benar-benar tidak membayar sepeserpun, alias gratis.

2. Dibebaskan uang SPL atau UKT

Pada poin kedua ini, ketika sudah diterima sebagai mahasiswa bidikmisi. Banyak orang yang bilang bahwa kuliah itu mahal, menghabiskan banyak uang, dan lain-lain. Namun
saya rasa tidak sebagai penerima bidikmisi. Kita benar-benar digratiskan dari SPL, UKT, atau seperti uang masuk awalan di kampus. Biasanya sering kita dengar ada yang bayar sampai jutaan, bahkan puluhan juta. Yups, sebagai mahasiswa yang diterima beasiswa bidikmisi maka kita tidak diwajibkan membayar seperti mahasiswa reguler yang lain. Jadi, walaupun kita berasal dari keluarga tidak mampu. Bukan alasan lagi untuk tidak mau kuliah, toh kuliah kita bisa dibayarin bidikmisi.

3. Dibebaskan biaya per semester

Setiap semester setiap mahasiwa mempunyai tagihan pembayaran, layaknya SMA yang harus membayar SPP di setiap bulan. Mahasiswa pun demikian, namun dibayarkan setiap satu semester sekali. Pembayarannya itu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung kampusnya dan tergantung pula dengan program studi yang diambil. Namun sebagai mahasiswa bidikmisi, kita digratiskan dalam pembayaran itu. Kita cukup kuliah yang baik saja, urusan keuangan per semester sudah digratiskan oleh oleh bidikmisi. Jadi apakah masih takur bakal keberatan kuliah?

4. Diberikan uang atau biaya hidup setiap bulannya.

Pada setiap bulan, sebagai mahasiswa bidikmisi kita akan diberikan uang tertentu untuk biaya kehidupan kita sehari-hari selama sebulan. Jumlah yang saya terima dahulu sebesar Rp. 600.000,-. Uang senominal itu adalah ketika zaman saya di angkatan 2010, sudah enam tahun lalu. Sekarang mungkin sudah naik lagi, atau juga tergantung kampusnya masing-masing. Biasanya menyesuaikan biaya kehidupan di lingkungan kampus tersebut. Dengan uang biaya hidup itu, tentu bisa kita menafaatkan sebaik-baiknya. Apakah uang tersbut cukup, saya dulu merasa berkecukupan dengan itu. Toh saat itu ketika sudah menjadi mahasiwa, ada banyak peluang mencari tambahan ketika menjadi mahasiswa juga. Jadi justru kita bisa menabung, untuk memenuhi keperluan yang lain.

5. Mahasiswa Bidikmisi sering diberikan pelatihan khusus

Sebagai mahasiswa bidikmisi, saya dahulu sering mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus oleh pengelola bidikmisi di kampus saya. Kita menjadi mahasiswa yang diistimewakan, sering kali ada workshop, seminar, shortcourse dan lain-lain yang diberikan pada kita. Maka dengan itu kemampuan-kemampuan kita bisa bertambah. Banyak sekali acara-acara yang diprioritaskan untuk kita.

6. Adanya pembinaan khusu bagi mahasiswa bidikmisi

Bagi mahasiwa bidikmisi, kita akan diberikan perhatian lebih dari pihak kampus. Bukanlah hal yang mengherankan, karena memang pemerintah telah membarikan bantuan beasiswanya kepada kita. jadi lewat pihak kampus, akan selalu membina kita agar beasiswa tersebut akan tergunakan dengan baik oleh kita sebagai seorang mahasiwa. Seperti dikala akhir semester saat yudisium, ketika indeks prestasi kita kurang baik. Maka dari pihak kampus akan memonitor dan mengevaluasi kita, kita diberikan perhatian dan pembinaan khusus. Setidaknya itulah yang dilakukan kampus saya dahulu, agar sang penerima beasiswa bidikmisinya Indek Prestasinya kembali membaik. Berikutnya seperti tat kala skripsi, kita akan mendapatkan sebuah pendampingan dan smeangat dalam mengahadapinya. Agar bisa segera selesai tepat pada waktunya. Tidak molor-molor sampai beberepa semester. Enak bukan?

Demikianlah yang bisa saya ceritakan, itulah keuntungannya menjadi mahasiswa bidikmisi. Mungkin setiap kampus tidaklah sama, namun tentunya tidak jauh berbeda. Setiap kampus juga mempunyai kebijakan sendiri-sendiri untuk para mahasiswa bidikmisinya. Keuntungan-keuntungan tersebut harusnya mampu menyemangati kita agar berani kuliah, sekalipun kita berasal dari keluarga yang tak punya. Kita bisa kuliah, yang penting kita berusaha mewujudkannya. Salam Semangat dari saya.

0 Response to "Keuntungan-Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Ketika Menjadi Mahasiswa Bidikmisi"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.